Wednesday 15 February 2017

Belajar dari Konflik


Mengasuh anak secara fulltime membuat hidup saya berwarna dan bahagia. Sebab, saya bisa menyaksikan perkembangan anak setiap harinya. Saat bisa merangkak, berjalan, bisa faham dengan kalimat perintah, meniru orang, dan lainnya…. Rasanya… kebahagiaan ini benar-benar tiada tara... Tantangan selanjutnya adalah mendidik si buah hati dan mengantarkannya agar berkepribadian Islam yang tangguh. Sungguh, ini pasti tidak mudah… tapi saya yakin Allah akan menolong sehingga akan berakhir indah…


Di usianya ini, Riyadh masih belum mengerti konsep dan adab memberi-diberi juga konsep dan adab pinjam-meminjam. Saat diberi, Riyadh belum bisa bilang kata ajaib seperti “Terima kasih”, bisa jadi ini karena dia belum bisa bicara hehehe. Kalau berbagi makanan Riyadh masih mau, tapi jika mainan ia tidak mau berbagi. Riyadh juga masih suka merebut mainan temannya terutama mobil-mobilan (Ia suka sekali pada mobil), sehingga sering terjadi konflik antara dia dan temannya itu karena sama-sama tidak mau mengalah.


Padahal, saya sudah belikan mainan mobil-mobilan dan lainnya cukup banyak untuk Riyadh. Sudah diberi nama dan diberi tahukan mana mainan punya Riyadh dan mana punya orang lain.


Sudah puluhan kali juga saya sampaikan tentang adab saat meminjam dan memberi. Saya pun menyampaikan bahwa kita juga harus menghargai hak milik orang lain. Bahwa itu mainan punya si A, kalau si A gak mengizinkan, Riyadh tidak boleh memaksa pinjam mainan si A tersebut.


Lucunya, kadang mainan yang diperebutkan Riyadh dari temannya itu, mainan yang sudah jelek. Dalam pandangan orang dewasa, kenapa dan apa motivasi mereka saling berebut mainan tersebut? 😂 Ternyata dunia anak itu dunia yang sangat unik ya bunda… hehehe...


Ah…. Namanya juga anak-anak. Kemampuan otak dan akal mereka belum terbentuk sempurna jadi kalau terjadi konflik seperti berantem atau rebutan mainan ya itu wajar… Bahkan katanya itu merupakan sarana belajar mereka dalam mengelola emosi dan kedewasaan di kemudian hari. Yaudah jadi kalau Riyadh berebut mainan dengan orang lain bukan berarti dia punya kepribadian yang tidak santun. Tapi inilah proses perkembangan nya… belajar hidup dari konflik yang ada di sekitarnya.


Ah… Riyadh… Semoga engkau jadi anak shaleh ya…


#hari7
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment