Monday 6 January 2020

Belajar Efektif (Dalam Fase Telur Bunda Cekatan Pekan #3)


Alhamdulillah... kita telah memasuki tahun baru 2020, dan pada pekan ketiga ini saya mulai tergambar pembelajaran yang akan saya jalani selama kelas Bunda Cekatan IIP. Setelah di pekan sebelumnya saya sudah memilih keterampilan yang ingin dikuasai, pekan ini mulai menentukan ilmu yang mendukung penguasaan keahlian tadi, termasuk sumber dan cara belajarnya. Keren, kan?


Di akhir tahun ini, ternyata saya mengalami peristiwa yang luar biasa yang belum terbesit dalam waktu dekat ini. Yakni membeli rumah saudara kami untuk menolongnya yang sedang butuh biaya untuk berobat. Padahal keuangan kami pun pas-pasan bahkan setiap bulan minus, tapi saudara saya maunya rumah itu dibeli oleh suami saya🙈. Tapi alhamdulillah... untungnya ada tabungan yang bisa dijadikan DP, dan dibantu oleh mertua untuk sebagian pembayarannya, masyaAllah... terima kasih Pak, Mak. Oleh karena itu, saya akan sedikit merubah telur merah yang kemarin saya buat. Dan telur oren ini saya akan lebih fokus pada masalah keuangan dan anak.

Ini proses pembelajaran yang akan saya jalani selama di kelas Bunda Cekatan IIP.

🌀Tujuan belajar:
Saya ingin memiliki tambahan penghasilan selain dari gaji suami dan bisnis online agar hutang saya dan suami segera lunas. Meski saya ikut membantu mencari uang, saya ingin kewajiban saya pada anak2 tidak terbengkalai. Saya juga ingin tetap bermanfaat untuk orang banyak. Jika semua ini bisa diseimbangkan, saya yakin saya bisa bahagia.

🌀Ilmu yang diperlukan:
- Digital marketing: optimasi FB, WA, IG, shopee
- Management stock
- Management keuangan
- Ilmu buka toko di rumah
- Ilmu merekrut karyawan
- Ilmu membuat administrasi jualan
- Ilmu berbisnis tanpa modal
- Management waktu
- Management emosi
- Komitmen untuk belajar bersama dengan anak
- Ilmu mengajari tahfiz pada anak yang sulit konsentrasi
- Management gawai
- Ilmu komunikasi produktif
- Public speaking

🌀Cara belajar:
Belajar secara mandiri dengan membaca dan mendengarkan materi. Kemudian mempraktekan dan evaluasi

🌀Sumber ilmu:
1. Buku cetak
2. Blog dan Website
3. Facebook dan IG
4. Kuliah Online via Whatsapp/Telegram
5. Seminar singkat

Ternyata banyak juga ilmu yang ingin dipelajari untuk mencapai keterampilan yang ingin saya kuasai. Sampai tidak muat dalam gambar.

Namun, supaya lebih efektif, pembelajaran merdeka di IIP tetap lebih mengutamakan kebahagiaan dan kemanfaatan ilmu. Supaya ilmu-ilmu tadi tidak hanya diketahui permukaannya saja tanpa penerapan dan pembiasaan, maka saya harus memilih lima ilmu prioritas yang benar-benar ingin dipelajari dalam menunjang penguasaan keterampilan pada awal fase.

Nah, Inilah kelima ilmu tersebut.
Management waktu
Ilmu bisnis online
Ilmu bisnis offline
Ilmu stimulasi pendidikan anak usia dini
Komunikasi produktif


Semoga dengan pemilihan 5 ilmu yang akan dipelajari selama 5 bulan kuliah di kelas Bunda Cekatan ini, saya akan menjadi Ibu Profesional yang terampil menghasilkan uang dari rumah sehingga bisa segera bebas hutang; anak mendapatkan stimulasi skill, pengetahuan dan kebiasaan melalui bermain dan belajar nersama saya di rumah, bisa menyampaikan informasi dan keinginan dengan efektif; mampu membagi waktu, menyusun jadwal dan konsisten melaksanakannya. Semoga Allah meridhoi. Aamiin…

#jurnalminggu3
#materi3
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional



No comments:

Post a Comment