Tuesday 10 March 2020

Membangun Buddy System (Tahapan Kelas Ulat #Part8)

Alhamdulillah, telah sampailah di penghujung kelas ulat-ulat. Sebentar lagi proses metamorfosis ini menginjak ke kelas kepompong dan itu tandanya kita akan berpuasa, kontempelasi diri. Menjadikan diri kita lebih baik lagi. Mempraktekan ilmu yang kami miliki.  MasyaAllah, sungguh moment yang kami tunggu-tunggu.

Oiya, jadi dalam pekan ini kami sharing dari hati ke hati bersama seorang buddy yang kita pilih atau memilih kami. Saling mengalirkan rasa, tukeran cerita, tukeran ilmu/bekal yang berguna untuk kita kontempelasidi tahap kepompong, insyaAllah.


Sejak hari Rabu bada subuh, saya coba buka Live Bu Septi di grup barangkali sudah launching kejoetannya. Melihat komen-komennya kok kayak pada kaget gitu. Setelah didengarkan... masyaAllah... terkejoet syekali... kudu gercep, takutnya buddyku sudah dilamar orang. Ternyata benar saja... pagi hari buddy incaran saya sidah dilamar. Sakit banget. Kecewa banget. Tapi yasudahlah... mungkin saya harus mencari secara random  Sepertinya orang-orang langsung beraksi setelah mendengar bu Septi Live. Maklum, saya punya bocil, hampir tidak pernah bisa online pas live 🙈

Akhirnya saya sporadis menawarkan diri siapa yg mau melamar, dan bertemulah saya dengan Mbak Ani Ariyanti dari IP Salatiga.


Ini adalah cabang ilmu yang dibutuhkan Mbak Ani.
1. Bisnis
    🎋Pembukuan sederhana ....masih perlu dibiasakan
    🎋Cara meningkatkan penjualan ....butuh tips yg jitu
    🎋yg masih pengen Saya dalami tentang fiqih muamalah jual beli kredit...sudah berusaha mencari sumber ilmu tp msh kurang
   🎋 Tips pemasaran yg mudah

2. Pojok hijau
    🌹pengolahan sampah rumah tangga......kompos...
    🌹kebun organik....
    🌹Zero waste ....msh angan hehe
    🌹yg mau didalami kompos sama kebun organik   .....meski lahan cuman minimalis
    🌹pemanfaatan Minyak jelantah....blm faham

3. Pojok bersih
    🍃Baru saja bergabung belum mempelajari secara mendalam
     🍃tehnik oraktis beberes rumah sangat dinantikan
 
4. Baiti janati.....bounding child
    🌸baru bergabung dikeluarga teman bermain anak blm Intip secara keseluruhan
   🌸sangat interes dg seluk beluk mendongeng kebetulan si kecil suka sekali didongengkan
    🌸tertarik porthofolio anak

5. Baiti janati managemen waktu
    🍄sudah bergabung dikelg ulwatu msh proses belajar
   🍄sangat butuh tips mengatur waktu

6. Pojok sehat
    🌵baru bergabung dg kelg.cooking dan gizi anak
    🌵menu cepat Dan sehat sangat dinanti
    🌵Cara mengatur menu sehari Hari yg simple Dan oraktis
    🌵tips belanja dapur yg sehat
Problem sy sering belanja tanpa dimasak jd rusak bahannya

Oleh karena itu, saya coba memberikan bekal jar untuk mbak Ani sebagai berikut:


Ini adalah sumber2 pengetahuan yg saya pakai untuk memecahkan persoalan yg saya belajar ini yg saya pakai, mudah2an bermanfaat. Namun mohon maaf jika ternyata sumber pengetahuan ini tidak cocok dgn selera belajar dan targetan mbak Ani hehe... 🙏

Saya kasih bekalnya ya...

1. Bisnis
Ttg pembukuan, di kelas bisnis ditulis memakai aplikasi atau software yg disarankan pemateri seperti Zahir, accurate, MYOB, ngorder.id, dll. Tapi aplikasi tsb bagi saya yang usahanya masih starting, ribet banget. Itu aplikasi untuk skala UKM dan perusahaan besar. Kalau saya sih baru ingin merapikan keuangan usaha dan keuangan keluarga. Untuk bisnis mbak Ani sendiri sy belum tau... apakah sudah UKM atau belum.

2. Cara meningkatkan penjualan bisa dicek lagi materi ttg Digital marketing yang disampaikan oleh mbak Mega Geo Tirta salah salah satunya adalah di google bisnis. Ada vitamin yang perlu dikonsumsi untuk pelaku bisnis yakni dengan FB branding. Mudah2an mbak Ani makin cetar brandingnya 😊🙏

3. Tutorial membuat sabun dari minyak jelantah oleh Mbak Wiwi Wisudawati
https://youtu.be/FxXie6Y5yBE

4. Untuk portofolio anak, saya rekomendasikan membeli buku Portofolio Anak vol.2 karya Andita A. Aryoko. Selain praktis karena tinggal mengisi aja, Andita juga member IIP, cocok jd pegangan utk emak semacam kita. Tapi buku ini hanya sampai usia 15 tahun. Jadi putra sulung mbak Ani tidak bisa menggunakannya 😊🙏

5. Untuk beberes ala konmari, saya juga belum menerapkan betul di semua ruangan karena masih ikut di rumah mertua. Menyingkirkan barang2 yang tidak terpakai (selain di kamar saya) adalah sesuatu yang sulit bagi mereka. InsyaAllah tahun depan saya baru menempati rumah baru. Teknik beberes konmari bisa langsung cek IG foundernya @mariekondo, kita seperti dicharge dan ditumbuhkan rasa bahagia jika melihat semua terorganisir dan rapi.

6. Aplikasi Yummy membantu para emak yang selalu tidak punya ide masak. Apalagi mbak Ani pekerja publik juga ya... Mau dimasak apa dari bahan-bahan yang ada. Lebih mudah, praktis, diberi contoh oleh Yummy nya, lebih bagus aplikasinya dibandingkan dgn cookpad.

Semoga bekal yang diberikan oleh saya pada Mbak Ani bisa bermanfaat. Aamiin... dan kami bisa melanjutkan tahapan kepompong dengan baik dan berhasil.

#janganlupabahagia
#jurnalminggu8
#materi8
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

No comments:

Post a Comment