Friday 21 October 2016

NICE HOMEWORK #1

Materi "ADAB MENUNTUT ILMU" kali ini, NHW saya adalah sbb:


1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.

2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

Berikut jawaban saya:

1. Jurusan ilmu yang akan saya tekuni di universitas kehidupan ini adalah  jurusan Ibu Rumah Tangga profesional yang bisa menjalankan perannya sebagai:
- Ibu bagi anak-anaknya. Piawai dalam mengasuh, merawat, dan mendidik mereka dengan syakhsiyah Islamiyah
- Manager rumah tangga. Piawai dalam mengatur urusan ruang tamu sampai dapur, berkreasi sampai tidur, keuangan, kerapihan, kedisiplinan, dsb.
- Istri shalihah bagi suaminya.
- Agent of change di tengah-tengah masyarakat. Seorang ibu rumah tangga adalah bahkan yg tak terpisahkan dalam komunitas masyarakat. Jika keluarganya ingin berada dalam suasana yg baik, maka ciptakan suasana kebaikan itu di masyarakat juga.

2. Alasan saya harus menekuni jurusan tersebut, karena telah  diamanahkan oleh Allah swt. Yang telah menjadikan saya seorang Ibu Rumah tangga. Dan menjadi kewajiban bagi saya untuk sebaik-baiknya melaksanakan amanah tsb (profesional). “Sesungguhnya setiap kalian adalah pemimpin, maka kalian akan dimintai pertanggung jawabannya atas apa yg dipimpinnya” (alhadits)

3. Strategi menuntut ilmu yang akan saya rencanakan di bidang tersebut adalah dengan banyak baca buku seputar kerumah tanggaan, parenting,dll, tergabung dalam komunitas-komunitas, dan mengikuti seminar/training/kursus dalam meningkatkan keilmuan yang saya geluti, seperti mengikuti training matrix IIP ini contohnya.


4. Dalam mempelajari jurusan Ilmu tersebut saya harus:
- Bersungguh-sungguh dalam menggali Ilmu tersebut
- Menjadikannya sebagai prioritas, bukan di sisa waktu atau sisa tenaga
- Segera melaksanakan dan mempraktekan ilmu-ilmu yang diterima
- Berdo’a agar bisa menjadi Ibu Rumah tangga yang profesional


"Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia"

No comments:

Post a Comment