Tuesday 9 February 2016

Resiko MPASI dini


Moms, waktu melihat anak tetangga yang belum 2 bulan tapi sudah disuapi Pro*mi**, rasanya tuh sedih, kasian bayi sekecil itu sudah diberi makanan padat. Bahkan si ibunya bilang, si dedenya udah disuapi sejak usia 1 bulan dan frekuensi makannya sudah 2-3 sdt 3x sehari…. *wow!

Mulut ini ga bisa kalau gak ngomong, “Kasihan teh usus dedenya belum sempurna untuk memecah dan mencerna makanan”, kata saya.
“Dedenya nangis aja teh… jadi terpaksa saya kasih makan”, jawab si ibu bayi tersebut.
“Tapi bayi menangis itu bukan berarti kelaparan pengen makan. Bisa jadi karena dia merasa tidak nyaman, ketakutan, mau digendong, mau diajak ngobrol, mau dipeluk, mau nenen…”.
“Duh teh…  mending si dede mah usia 1 bulan disuapinya juga. Di sana mah ada yang usia 3 hari juga udah dikasih makan nestl*, pro*mi**, dll”, sanggahnya. Hmmm…. Pembelaan diri seperti itu yang akan kita dapatkan bila kita mengomentari tindakan ibu-ibu yang memberi bayinya MPASI dini. 

Ada juga yang lebih parah sih, saya menemukan oknum ibu (emang ada ya? Hehe) yang memberi makanan selain ASI pada bayi di hari pertama dia lahir, pas malam pertama setelah jrot lahir. Katanya sih si bayi nangis terus… akhirnya ia disuapi pisang sama ibunya. Dan sekarang, setiap kali cerita tentang pengalamannya, ia terlihat bangga dengan tindakannya tersebut, “Anak saya dikasih pisang pas hari pertama lahir TAPI alhamdulillah ga apa-apa tuh… sehat-sehat aja tuh… malah sekarang anaknya pinter gara-gara saya kasih pisang pas dia lahir.”

Huhuhuhu… ngedengernya tuh pengen tutup telinga terus ngebungkam paksa mulut si ibu tersebut *radikal :-D

Ya begitulah… namanya juga orang awam. Kalau ngobrol  sama ibu-ibu awam seputar pengasuhan bayi, suka aneh nyeleneh dan bin ajaib, banyak gak logisnya. Kalau kita merasa terpelajar mah ya jangan ikut-ikutan…. Jangan melakukan sesuatu sebelum kita tahu ilmunya, dan jangan berdasarkan karena ikut sia anu si anu. Kalau anak sakit, mereka gak bakal disalahin sang ibu yang kena getahnya…^^ kita yang punya akal untuk berfikir tentunya kita mesti mencerna dong mana yang benar, logis dan ilmiah.

Sebelum memberikan MPASI, sebaiknya kita cari tahu dulu. Minmal standar WHO gimanaa sih. Sebentar, WHO apaan sih? WHO adalah Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional

Panduan Umum WHO tentang MPASI
AGE atau USIA: MPASI diberikan pada saat yg tepat, yaitu usia 6 bulan. Jika MPASI diberikan sebelum usia 6 bulan resikonya antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Pemberian makan setelah bayi berumur 6 bulan memberikan perlindungan besar dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan sistem imun bayi kurang dari 6 bulan belum sempurna. Pemberian MPASI dini sama saja dengan membuka pintu gerbang masuknya berbagai jenis kuman, apalagi jika tidak disajikan higienis. Hasil riset terakhir di Indonesia menunjukkan bahwa bayi yang mendapatkan MPASI sebelum ia berumur 6 bulan, lebih banyak terserang diare, sembelit, batuk-pilek, dan panas dibandingkan bayi yang hanya mendapatkan ASI Eksklusif.
  2. Menyulitkan ibu mempertahankan produksi ASI karena bayi yang sudah mendapatkan MPASI biasanya akan berkurang kebutuhan menyusunya
  3. Saat bayi berumur 6 bulan keatas, sistem pencernaannya sudah relatif sempurna dan siap menerima MPASI. Beberapa enzim pemecah protein seperti asam lambung, pepsin, lipase, enzim amilase, dsb baru akan diproduksi sempurna pada saat ia berumur 6 bulan.
  4. Mengurangi resiko terkena alergi akibat pada makanan. Saat bayi berumur kurang dari 6 bulan, sel-sel di sekitar usus belum siap untuk kandungan dari makanan. Sehingga makanan yg masuk dapat menyebabkan reaksi imun dan terjadi alergi.
  5. Pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan akan mencegah potensi obesitas pada anak
  6. Menunda pemberian MPASI hingga 6 bulan melindungi bayi dari obesitas di kemudian hari. Proses pemecahan sari-sari makanan yg belum sempurna. Pada beberapa kasus yg ekstrim ada juga yg perlu tindakan bedah akibat pemberian MPASi terlalu dini. Dan banyak sekali alasan lainnya mengapa MPASI baru boleh diperkenalkan pada anak setelah ia berumur 6 bulan
Berikut kultwit @aimi (Aliansi Ibu Menyusi Indonesia) menerangkan lebih jelas resiko yang akan mom temui bila memberikan MPASI dini.
1.       Di INA, srgkali pnyebab tdk ASIeksklusif adl krn #mpasidini. Alasannya mulai dr bayi terlihat lapar, smp ke takut anak nantinya susah makan.
2.       Bener gak sih bayi butuh makanan padat sblm usia 6bln? Kita bahas yuk, kenapa sebaiknya kita tunda makanan padat utk bayi
3.       Resiko (1): porsi ASI bkurang krn tergantikan oleh #mpasidini. Akibatnya, bayi tdk dpt zat2 imunitas dr ASI scr optimal » lbh rentan sakit
4.       Berkurangnya porsi ASI krn tergantikan oleh #mpasidini jg dpt mnyebabkan kebutuhan nutrisi tdk terpenuhi dgn baik karena…
5.       …ASI mencukupi 100% kebutuhan bayi <6m, sedangkan bubur/buah lunak/encer tidak bisa menggantikan nutrisi ASI yg lengkap tsb.
6.       Resiko (2): gangguan pd sistem pncernaan. #mpasidini sulit dicerna o/ sist.pcernaan yg blm matang,akibatnya bs kembung,mual,konstipasi dll.
7.       Sist.pcernaan bayi blm dpt mcerna protein dgn sempurna. Enzim amilase (mncerna tepung/pati) blm mncapai juml.cukup sblm usia 6m.
8.       Bayi jg memiliki juml.lipase (utk cerna lemak) yg masih rendah hingga usia 6-9m
9.       Resiko (3): meningkatkan kemungkinan alergi mknan. Sjk lahir smp usia 4-6m sal.cerna bayi sering disebut “terbuka”. Artinya…
10.   …ada jarak antara sel dlm usus kecil yg dpt memungkinkan makromolekul utk masuk (incl. protein kompleks dan patogen).
11.   Bagi bayi ASI eksklusif “sal.cerna terbuka” ini baik krn memungkinkan zat2 antibodi dr ASI masuk scr langsung ke aliran darah.
12.   Tapi ini jg berarti protein dr makanan LAIN masuk sehingga dianggap tubuh sbg benda asing dan menyebabkan reaksi alergi.
13.   Selain itu, patogen penyebab penyakit jg dpt masuk melalui “sal.cerna terbuka” tsb » bayi lebih mudah sakit.
14.   Kelupaan » Enzim utk mencerna karbohidrat spt maltase, isomaltase, sukrase, blm mncapai level dewasa hingga skitar usia 7m.
15.   Lanjut soal “sal.cerna terbuka”. Pd usia 4-6m, antibodi (sIgA) dr ASI akan melapisi sal.cerna dan memberikan bayi imunitas pasif.
16.   Imunitas pasif menurunkan kemungkinan bayi sakit dan reaksi alergi selama sal.cerna blm tertutup secara sempurna.
17.   Bayi mulai memproduksi antibodi sendiri pd usia 6m dan pd saat itu umumnya sal.cerna sudah tertutup.
18.   Resiko (4): meningkatkan resiko anemia defisiensi zat besi. Bayi lahir cukup bulan&dpt ASI eks slm 6m terjaga Hb&ka.zat besinya.
19.   Ttg anemia def. zat besi sila simak kultwit @drOei kmrn (sila buka favourites kami).
20.   Resiko (5): Kalies et.al. (2005): ASI eks slm 6m mencegah kenaikan BB yg drastis, yg merupakan langkah awal tjdnya obesitas.
21.   Resiko (6): menyulitkan ibu mempertahankan produksi ASI. Semakin byk #mpasidini » semakin sedikit ASI yg bayi inginkan » prod.ASI ibu turun.
22.   Resiko (7): Lactational amenorrhea (metode KB alami krn menyusui) tdk efektif sjk bayi mndpt asupan selain ASI.
23.   Resiko (8): menyulitkan bayi memulai makan. Bayi yg mulai mkn pd usia yg tepat dpt lbh mudah belajar makan.
24.   Misalnya memindahkan makanan dlm mulut menggunakan lidah, menelan dst. Dan juga, memegang makanannya sendiri.

Sumber: aimi-asi.org


No comments:

Post a Comment