Friday 12 March 2021

Kenapa Harus Menjadi Pengurus IP Cirebon Raya?

Oleh: Ika Mustaqiroh

Saya sangat bersyukur bisa belajar dan berkomunitas di Institut Ibu Profesional. Saya selalu terpesona dan bersemangat mengikuti perkuliahannya. Sejak matrikulasi, saya tidak pernah menunda setiap ada pembukaan kenaikan kelas. Hingga sampailah saya di Bunda Produktif. Selama menjadi "Hexagonia" - sebutan untuk Mahasiswa Bunda Produktif Institute Ibu Profesional (IP)- saya merasa terpanggil untuk mendaftar OPREC (Open Recruitment) Pengurus IP Cirebon Raya. 

Terhitung sejak tahun 2015 bergabung dengan komunitas ini, baru di tahun 2021 saya memberanikan diri untuk melamar menjadi pengurus. Wah, kenapa ya? Alasannya tentu dari kesiapan diri sendiri dan keluarga.  

Pada tanggal 1-10 Maret, saya mengikuti kegiatan TERAS MAIN, semacam kegiatan perkenalan untuk menerangkan tim pengurus dan jobdesk di struktur kepengurusan. Nah, kira-kira kenapa ya saya tertarik menjadi pengurus? Apa strong why saya menjadi pengurus IP Ciraya? 

1. Menambah Networking/Relasi 

Dengan menjadi pengurus, pastinya akan memperluas circle pertemanan. Jadi nambah teman yang ada di wilayah Cirebon Raya. Sangat mungkin sekali kita bisa bertemu dengan para pengurus Ibu Profesional pusat termasuk dengan founding mother IP; Ibu Septi Peni Wulandani.

2. Pengembangan Diri (Individual Development)

Gabung menjadi pengurus di Institute, KIPMA ataupun kampung menulis nantinya bisa membuka kesempatan untuk melatih bekerja dalam teamwork, menyalurkan ide-ide kreatif, opini, serta extra miles pada passion tersebut. Sehingga muncul lah bakat-bakat baru dari kalangan ibu-ibu di Cirebon Raya. 

3. Menjadi Pribadi yang Bermanfaat

Core value Ibu Profesional adalah 4B, yaitu belajar, berkembang, berbagi dan berdampak. B pertama saya lakukan, B kedua sedang dalam latihan, B ketiga dan keempat belum. Semoga dengan menjadi pengurus saya bisa paripurna menerapkan CV Ibu Profesional. Karena menjadi pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Mudah-mudahan ini menjadi wasilah saya untuk bermanfaat bagi banyak orang, terutama untuk keluarga dan masyarakat di sekitar tempat tinggal saya.

4. Membuat Nyaman dan Merasa Memiliki

Manfaat yang diberikan oleh Institute IP telah menjadikan saya sebagai istri dan ibu kebanggaan keluarga kecil saya. Namun, sebagai member, terkadang saya merasa bingung, ingin memberi timbal balik tapi keberadaan saya tidak dikenali, karena belum memberikan dedikasi. Oleh karena itu, dengan menjadi pengurus, saya bisa lebih faham CoC Ibu Profesional dan memberi kontribusi semampu saya agar komunitas ini tetap hidup dan menemani para ibu di Cirebon Raya, Indonesia maupun dunia agar mereka bahagia menjalankan perannya.

Itulah keempat alasan kenapa kita harus menjadi Pengurus Ibu Profesional Cirebon Raya. Semoga terpilih, dan semoga Allah memudahkan saya mengemban amanahnya yang besar tersebut. Aamiin 


Majalengka, 12 Maret 2021







No comments:

Post a Comment